Cara Menentukan Isu Internal dan Eksternal
Novitasari
2023-11-05 23:20:58

Cara Menentukan Isu Internal dan Eksternal

Cara Menentukan Isu Internal dan Eksternal

Gambar Ilustrasi Cara Menentukan Isu Internal dan Eksternal

Konteks Organisasi

Dalam ISO 9001:2015 terdapat klausul baru yaitu klausul 4.1 Memahami Organisasi dan Konteks Organisasi. Tujuan dari klausul ini adalah memahami konteks organisasi dengan menentukan isu internal dan isu eksternal yang berhubungan dengan tujuan dari organisasi.

Isu yang dimaksud dapat berupa isu yang bersifat positif ataupun negatif. Isu dapat bersumber dari luar (isu eksternal) ataupun dari dalam organisasi itu sendiri (isu internal). Isu internal dan isu eksternal ini diibaratkan seperti bola liar, yang jika bisa dikelola dengan baik akan mampu digunakan sebagai suatu tools untuk memajukan organisasi. Begitu juga sebaliknya, apabila isu ini tidak bisa dikelola dengan baik, akan menjadi suatu penyebab mundurnya organisasi.

Cara Menentukan Isu Internal dan Isu Eksternal

Lantas bagaimana cara agar suatu organisasi dapat menentukan isu internal dan isu eksternal nya ?

Isu Internal dan Isu Eksternal

Dalam standar ISO tidak dijelaskan bagaimana cara untuk melakukannya. ISO membebaskan organisasi menentukan sendiri isu internal dan eksternal sesuai dengan metodenya masing-masing.

Dalam membantu klien, kami selaku konsultan ISO membantu menentukan isu internal dan eksternal organisasi menggunakan metode Analisis SWOT.

Metode SWOT merupakan singkatan dari Strenght Weakness Opportunity Threats

Metode SWOT
Strenght

Adapun Strenght (analisa kekuatan), yakni menganalisa apa yang menjadi kekuatan atau kelebihan organisasi yang menjadi keunggulan bagi para kompetitor. Contohnya ketika kita mempunyai kelebihan terkait dengan pelayanan prima terhadap pelanggan, kecepatan dalam menangani keluhan pelanggan, hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Weakness

Weakness (analisa kelemahan), yakni menganalisa apa yang menjadi kelemahan organisasi saat ini. Kelemahan ini dapat menyebabkan terhambatnya kemajuan suatu perusahaan. Misalkan organisasi mempunyai kelemahan dari sisi teknologi, tekhnologi yang digunakan kalah unggul dengan kompetitor.

Opportunity

Opportunity (analisa peluang), yaknj menganalisa suatu peluang yang ada di luar organisasi. Contohnya, saat ini pemerintah sedang menggalakkan program infrastruktur. Bagi perusaahan konstruksi, hal ini merupakan suatu peluang bagus, karena akan dibukanya banyak tender terkait dengan pekerjaan mereka. Tinggal bagaimana suatu organisasi dapat menangkap peluang tersebut.

Threats

Threats (Ancaman), yakni menganalisa ancaman bagi perusahaan, ancaman ini apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan kemunduran bagi suatu organisasi. Sebagai contoh naiknya kurs dollar terhadap rupiah, regulasi dari pemerintah, serbuan tenaga kerja asing, dsb.

Manfaat dari hasil analisis SWOT ini adalah perusahaan atau organisasi dapat mempertahankan atau meningkatkan kelebihan mereka untuk menangkap peluang yang ada, melakukan perbaikan terhadap kelemahan dan kekurangan organisasi untuk menghindari ancaman dan resiko yang ada. Hasil analisa SWOT ini juga yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan isu internal dan isu eksternal suatu organisasi, karena kurang lebih sifatnya sama.

Contoh Hasil Identifikasi Isu Internal dan Isu Eksternal

Berikut ini contoh hasil identifikasi isu internal dan isu eksternal organisasi:

1. Isu Internal : Kompetensi karyawan

Pengaruh isu

  • Terhadap tujuan perusahan : Dapat mendukung tercapainya Visi-Misi Perusahaan;
  • Terhadap pelanggan : Menghasilkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan persyaratan pelanggan.

Tindakan Antisipasi

  • Memetakan kompetensi SDM
  • Memberikan pelatihan-pelatihan
  • Melakukan evaluasi kinerja SDM
2. Isu Internal : Kedisiplinan Karyawan

Pengaruh isu

  • Terhadap tujuan perusahan : Mendorong gairah atau semangat kerja untuk terwujudnya tujuan Perusahaan
  • Terhadap pelanggan : Meningkatkan moral kerja karyawan sehingga kepercayaan pelanggan meningkat

Tindakan Antisipasi

  • Penetapan peraturan dan kebijakan Perusahaan
  • Pengawasan terhadap karyawan
  • Penetapan punish & reward yang adil
3. Isu Eksternal : Tingkat Kepuasan Pelanggan

Pengaruh isu

  • Terhadap tujuan perusahan : Dapat mendukung tercapainya Visi-Misi Perusahaan
  • Terhadap pelanggan : Meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Tindakan Antisipasi

  • Melakukan pengawasan pekerjaan
  • Fast response terhadap permintaan pelanggan
  • Melakukan survey kepuasan pelanggan secara berkala
4. Isu Eksternal : Kompetisi Pasar

Pengaruh isu

  • Terhadap tujuan perusahan : Mendorong perusahaan lebih inovatif dan kreatif untuk bersaing dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan
  • Terhadap pelanggan : Memberikan pelanggan alternatif pilihan untuk mendapatkan jasa yang lebih kompetitif

Tindakan Antisipasi

  • Identifikasi kebutuhan pelanggan
  • Melakukan inovasi layanan
  • Melakukan efisiensi keja

Demikian penjelasan singkat mengenai konteks organisasi, semoga bermanfaat bagi kemajuan perusahaan anda.

Baca Juga :

Terimakasih

Multiple Training & Consulting
Alief Maulana Ilyas
Konsultan ISO 9001
Jalan Tanah Abang I No. 11 F Jakarta Pusat 10160
Email : [email protected]
Telp : (021) 3890 1773
Fax : (021) 352 39 82
Whatsapp : 081 6888 476 081 (MUTU ISO)

About the author
Novitasari Sebagai penulis artikel di isocenter.id

Novitasari

Novitasari adalah seorang konsultan bisnis berpengalaman yang berdedikasi untuk membantu perusahaan mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan pengetahuan mendalam tentang strategi bisnis dan pasar yang luas, Novitasari membantu kliennya mengidentifikasi peluang baru, menghadapi tantangan, dan mengoptimalkan kinerja bisnis mereka.

Sebagai seorang konsultan di Isocenter.id, Novitasari telah bekerja dengan berbagai perusahaan dari berbagai industri. Ia memiliki latar belakang yang kuat dalam analisis data dan pemahaman yang mendalam tentang tren pasar, yang memungkinkannya memberikan wawasan berharga kepada klien-kliennya.

Novitasari selalu bersemangat dalam mencari solusi inovatif untuk tantangan bisnis yang kompleks, dan dia terus berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada setiap klien yang dia layani.

Isocenter.id, Solusi Terlengkap untuk Sertifikasi ISO

Dari Persiapan implementasi, audit, pelatihan & Sertifikasi ISO. Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dengan tim ahli yang berpengalaman, kami siap membantu organisasi Anda mencapai standar kualitas, keamanan, dan keberlanjutan yang diakui secara global. Percayakan kebutuhan sertifikasi dan pelatihan ISO Anda kepada Isocenter.id untuk solusi yang terpercaya dan komprehensif.

Sertifikasi ISO Yang Kami Tawarkan

Dapatkan Sertifikat ISO 9001, 14001, 27001, 37001, 45001 Secara Mudah & Cepat!

Kenapa Memilih Kami?

Layanan Cepat & Profesional

Proses sertifikasi yang efisien tanpa hambatan.

Dukungan Penuh dari Ahli ISO

Konsultasi gratis untuk memahami standar yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Pilihan Sertifikasi KAN & Non-KAN

Fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Harga Terjangkau & Transparan

Investasi terbaik untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda.

Hubungi Kami Sekarang!

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang proses sertifikasi ISO untuk perusahaan Anda.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Artikel Lainnya Terkait Cara Menentukan Isu Internal dan Eksternal

Tingkatkan Standar Bisnis Anda dengan Sertifikasi ISO Resmi

Dapatkan Sertifikat ISO 9001, 14001, 27001, 37001, 45001 Secara Mudah & Cepat!

Meningkatkan Kredibilitas & Kepercayaan

Perusahaan yang bersertifikat ISO lebih dipercaya oleh klien, mitra bisnis, dan stakeholder.

Memastikan Kepatuhan terhadap Standar Internasional

Mematuhi regulasi global dan meningkatkan tata kelola perusahaan.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Mengoptimalkan proses bisnis, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan produktivitas.

Membuka Peluang Bisnis Baru

Banyak tender, proyek besar, dan kerja sama internasional mensyaratkan sertifikasi ISO.

Jenis Sertifikasi ISO yang Kami Tawarkan

Kenapa Memilih Kami?

Layanan Cepat & Profesional

Proses sertifikasi yang efisien tanpa hambatan.

Dukungan Penuh dari Ahli ISO

Konsultasi gratis untuk memahami standar yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Pilihan Sertifikasi KAN & Non-KAN

Fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Harga Terjangkau & Transparan

Investasi terbaik untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda.

Hubungi Kami Sekarang!

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang proses sertifikasi ISO untuk perusahaan Anda.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp