How can we help?

Apa manfaat utama dari penerapan ISO 9001 bagi perusahaan kecil dan menengah?

Image Description
Khotima
  • 03 June 2025, 02:13
  • Updated
ISO 9001 memberikan banyak manfaat bagi usaha kecil dan menengah (UKM), seperti peningkatan kredibilitas di pasar, kepuasan pelanggan yang lebih baik melalui kontrol kualitas yang ketat, pengurangan pemborosan dan kesalahan, peningkatan efisiensi operasional, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam tender besar yang mensyaratkan sertifikasi ISO 9001.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

Untuk memastikan kepatuhan ISO 22000 dalam rantai pasokan, organisasi harus menerapkan sistem seleksi pemasok berbasis risiko, melakukan audit terhadap pemasok utama, serta memastikan bahwa mereka memahami dan mematuhi standar keamanan pangan yang ditetapkan.
Tantangan utama dalam menerapkan ISO 37001 meliputi resistensi budaya kerja terhadap transparansi, kesulitan dalam menerapkan kebijakan tanpa pengecualian, serta kebutuhan akan pelatihan dan perubahan perilaku karyawan. Keberhasilan implementasi bergantung pada kepemimpinan yang kuat, audit internal yang ketat, dan komitmen dari seluruh tingkatan organisasi.
Proses sertifikasi ISO 9001 melibatkan beberapa tahap, termasuk persiapan awal dengan mengidentifikasi kesenjangan sistem manajemen mutu, implementasi kebijakan dan prosedur yang sesuai, melakukan audit internal, serta menjalani audit eksternal oleh badan sertifikasi. Setelah lulus audit eksternal, organisasi akan menerima sertifikat ISO 9001 yang berlaku selama 3 tahun dengan audit pemeliharaan tahunan.
ISO 26000 memberikan panduan bagi organisasi dalam mengadopsi praktik bisnis yang bertanggung jawab secara sosial, termasuk etika bisnis, hak asasi manusia, dan lingkungan. Tantangan dalam implementasi termasuk kesulitan mengukur dampak sosial dan keterlibatan pemangku kepentingan. Dibandingkan dengan GRI (Global Reporting Initiative), ISO 26000 tidak untuk sertifikasi, tetapi lebih sebagai panduan pengembangan kebijakan CSR.
ISO 9001 berfokus pada pendekatan berbasis pelanggan, memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan dipenuhi melalui proses yang terstruktur. Dengan sistem manajemen mutu yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi keluhan pelanggan, serta mempercepat waktu respon terhadap permasalahan.
Getting started
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp