How can we help?

Bagaimana hubungan antara ISO 9001 dan kepuasan pelanggan?

Image Description
Khotima
  • 18 April 2025, 14:23
  • Updated
ISO 9001 menekankan pentingnya pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Dengan adanya standar ini, perusahaan dapat menerapkan kontrol kualitas yang ketat dan sistem umpan balik pelanggan yang membantu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

ISO 45001 menuntut organisasi untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko keselamatan dan kesehatan kerja. Manajemen risiko dapat dilakukan melalui pendekatan hierarki pengendalian, yaitu eliminasi bahaya, substitusi dengan metode lebih aman, pengendalian teknik, pengendalian administratif, dan penggunaan alat pelindung diri (APD). Dokumentasi dan komunikasi yang efektif juga penting untuk memastikan implementasi yang berhasil.
Tantangan terbesar dalam implementasi ISO 22000 di industri makanan dan minuman adalah memastikan seluruh rantai pasokan mematuhi standar keamanan pangan yang sama. Selain itu, perubahan regulasi pemerintah yang sering terjadi dan variasi standar keamanan pangan di berbagai negara dapat menyulitkan harmonisasi sistem. Perusahaan harus memiliki mekanisme pemantauan ketertelusuran yang kuat untuk mengatasi tantangan ini.
Implementasi ISO 37001 melibatkan komitmen dari manajemen puncak, penerapan kebijakan anti-penyuapan, serta mekanisme pelaporan dan investigasi. Organisasi juga perlu menerapkan prosedur due diligence dalam hubungan bisnisnya untuk mengidentifikasi potensi risiko suap dan korupsi.
ISO 9001 adalah standar sistem manajemen kualitas yang menekankan pemenuhan persyaratan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan. Sementara itu, Six Sigma lebih fokus pada pengurangan variasi proses dan peningkatan efisiensi menggunakan metode statistik. Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan yang lebih luas dengan penekanan pada budaya kualitas di seluruh organisasi. Perusahaan sering mengintegrasikan ISO 9001 dengan Six Sigma untuk mengoptimalkan sistem manajemen kualitas secara lebih efektif.
ISO 37001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen anti-penyuapan yang membantu organisasi mencegah, mendeteksi, dan menangani risiko korupsi.
Getting started
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp