How can we help?

Bagaimana cara mengembangkan budaya keselamatan kerja dalam ISO 45001?

Image Description
Khotima
  • 04 December 2025, 06:15
  • Updated
Mengembangkan budaya keselamatan kerja dalam ISO 45001 membutuhkan keterlibatan kepemimpinan, komunikasi yang efektif, serta program penghargaan bagi karyawan yang menunjukkan kepatuhan terhadap praktik keselamatan. Organisasi harus menciptakan lingkungan di mana keselamatan adalah prioritas utama dengan memastikan bahwa semua pekerja memahami risiko dan tanggung jawab mereka.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

ISO 37001 adalah standar sistem manajemen anti-penyuapan yang berfokus pada kebijakan dan kontrol untuk mencegah suap di organisasi, sedangkan Sarbanes-Oxley Act adalah undang-undang di Amerika Serikat yang mengatur transparansi keuangan dan akuntabilitas perusahaan publik. ISO 37001 lebih fokus pada pencegahan penyuapan dalam operasi bisnis, sedangkan Sarbanes-Oxley berfokus pada audit dan pelaporan keuangan.
ISO/IEC 27701 adalah ekstensi dari ISO 27001 yang fokus pada manajemen informasi privasi. Implementasi standar ini dapat menghadapi tantangan dalam penyesuaian dengan regulasi perlindungan data global seperti GDPR dan CCPA. Dibandingkan dengan NIST Privacy Framework, ISO/IEC 27701 lebih terstruktur dan berbasis sistem manajemen.
ISO 22000 membantu perusahaan dalam menghadapi krisis keamanan pangan dengan menerapkan sistem manajemen berbasis HACCP yang memungkinkan identifikasi, pemantauan, dan pengendalian bahaya di sepanjang rantai pasokan pangan. Dengan memiliki prosedur respons terhadap insiden dan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan, organisasi dapat merespons krisis dengan cepat dan meminimalkan dampaknya.
ISO 13485 adalah standar untuk sistem manajemen mutu di industri perangkat medis, yang memastikan keamanan dan efektivitas produk. Tantangan dalam implementasi termasuk kepatuhan terhadap regulasi yang berbeda di berbagai negara dan kebutuhan dokumentasi yang ketat. Dibandingkan dengan FDA 21 CFR Part 820, ISO 13485 lebih berorientasi pada proses daripada persyaratan regulasi spesifik.
ISO 20000 adalah standar berbasis sertifikasi yang memastikan layanan TI memenuhi persyaratan pelanggan dan bisnis, sementara ITIL adalah kerangka kerja yang menawarkan pedoman best practice dalam manajemen layanan TI.
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.

Dapatkan pendampingan profesional dalam pengurusan SKK dan SBU Konstruksi. Proses cepat, transparan, dan sesuai peraturan yang berlaku.