How can we help?

Bagaimana ISO 22301 membantu bisnis dalam menghadapi bencana?

Image Description
Khotima
  • 03 June 2025, 02:01
  • Updated
ISO 22301 memberikan panduan dalam manajemen kelangsungan bisnis (BCM), membantu organisasi menghadapi gangguan operasional seperti bencana alam, serangan siber, atau pandemi. Tantangan implementasi meliputi kesulitan melakukan simulasi krisis dan koordinasi dengan pemangku kepentingan. Dibandingkan dengan NFPA 1600, ISO 22301 memiliki pendekatan berbasis proses yang lebih sistematis.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

ISO 45001 menuntut organisasi untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko keselamatan dan kesehatan kerja. Manajemen risiko dapat dilakukan melalui pendekatan hierarki pengendalian, yaitu eliminasi bahaya, substitusi dengan metode lebih aman, pengendalian teknik, pengendalian administratif, dan penggunaan alat pelindung diri (APD). Dokumentasi dan komunikasi yang efektif juga penting untuk memastikan implementasi yang berhasil.
ISO 37001 menetapkan kebijakan anti-suap yang mencakup uji tuntas mitra bisnis, kontrol keuangan, serta pelaporan pelanggaran. Standar ini lebih spesifik dibandingkan dengan ISO 9001 yang tidak mencakup aspek anti-korupsi secara mendalam.
Efektivitas sistem manajemen keselamatan kerja dalam ISO 45001 dapat diukur dengan menganalisis data kecelakaan dan insiden, melakukan audit internal dan eksternal, serta mengukur kepatuhan terhadap prosedur keselamatan melalui KPI yang telah ditetapkan.
Untuk meningkatkan efektivitas internal audit dalam ISO 45001, organisasi harus menetapkan auditor yang kompeten, menggunakan pendekatan berbasis risiko dalam audit, serta memastikan bahwa audit mencakup semua aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu, keterlibatan karyawan dalam proses audit dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kepatuhan terhadap standar ini.
ISO 9001 menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) melalui siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act), audit internal, dan analisis data kinerja. Dengan menerapkan perbaikan yang berkelanjutan, organisasi dapat meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan.
Getting started
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp