How can we help?

Bagaimana ISO 9001 membantu organisasi dalam menerapkan continuous improvement?

Image Description
Novitasari
  • 17 November 2025, 00:35
  • Updated
ISO 9001 menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) melalui siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act), audit internal, dan analisis data kinerja. Dengan menerapkan perbaikan yang berkelanjutan, organisasi dapat meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

Ketidaksesuaian dalam audit sertifikasi ISO dapat diatasi dengan melakukan analisis akar penyebab menggunakan metode seperti 5-Why atau Fishbone Diagram, mengembangkan tindakan korektif yang efektif, dan memastikan implementasi serta pemantauan berkelanjutan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.
ISO 9001 menekankan pentingnya kepemimpinan dalam membangun budaya kualitas. Standar ini mewajibkan manajemen puncak untuk berkomitmen pada kepuasan pelanggan, perbaikan berkelanjutan, dan komunikasi yang efektif dalam organisasi. Dengan pendekatan ini, pemimpin organisasi lebih aktif dalam menetapkan visi strategis dan melibatkan karyawan dalam inisiatif peningkatan kualitas.
Identifikasi risiko dalam ISO 9001 dilakukan dengan menggunakan metode seperti FMEA (Failure Mode and Effects Analysis), brainstorming, dan analisis data pelanggan. Organisasi harus mengkategorikan risiko berdasarkan dampak dan kemungkinan terjadi, serta menetapkan tindakan mitigasi yang sesuai.
ISO 20000 adalah standar untuk sistem manajemen layanan TI yang membantu organisasi meningkatkan kualitas layanan TI dan kepuasan pelanggan. Implementasi sering menghadapi kendala dalam integrasi dengan framework ITIL dan otomatisasi proses TI. Dibandingkan dengan ITIL (Information Technology Infrastructure Library), ISO 20000 lebih berorientasi pada sertifikasi sistem manajemen layanan.
ISO 20121 membantu penyelenggara acara mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan efisiensi sumber daya, dan memastikan dampak sosial yang positif. Implementasi sering kali menghadapi kendala dalam keterlibatan pemangku kepentingan dan pengelolaan limbah acara. Dibandingkan dengan standar seperti GRI (Global Reporting Initiative), ISO 20121 lebih spesifik pada industri acara dan operasional keberlanjutan.
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.

Dapatkan pendampingan profesional dalam pengurusan SKK dan SBU Konstruksi. Proses cepat, transparan, dan sesuai peraturan yang berlaku.