How can we help?

Bagaimana cara meningkatkan efektivitas audit internal dalam sistem manajemen lingkungan ISO 14001?

Image Description
Khotima
  • 31 August 2025, 14:18
  • Updated
Efektivitas audit internal dalam ISO 14001 dapat ditingkatkan dengan memastikan auditor memiliki kompetensi dalam aspek lingkungan, menggunakan checklist audit berbasis risiko, serta mengadopsi pendekatan berbasis data dalam menilai dampak lingkungan organisasi. Audit internal yang baik harus menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kepatuhan terhadap standar lingkungan.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

Di era globalisasi, pelanggan dan mitra bisnis semakin selektif dalam memilih perusahaan yang memiliki standar kualitas tinggi. ISO 9001 memberikan keunggulan kompetitif dengan meningkatkan kredibilitas perusahaan, membangun kepercayaan pelanggan, serta membuka peluang pasar baru baik di tingkat nasional maupun internasional. Banyak perusahaan besar dan pemerintahan di seluruh dunia mensyaratkan sertifikasi ISO 9001 untuk menjalin kerja sama bisnis, sehingga perusahaan yang bersertifikasi memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan kontrak bisnis.
ISO 27001 adalah standar manajemen keamanan informasi yang berfokus pada penerapan kebijakan dan kontrol untuk melindungi data, sementara NIST Cybersecurity Framework lebih bersifat panduan dan berorientasi pada mitigasi risiko siber dengan pendekatan lima fungsi: Identify, Protect, Detect, Respond, dan Recover.
Menentukan ruang lingkup dalam ISO 9001 harus mempertimbangkan batasan organisasi, jenis produk dan layanan yang ditawarkan, serta persyaratan pelanggan dan regulasi. Organisasi harus mendokumentasikan ruang lingkup ini dengan jelas dalam manual mutu atau dokumen sistem manajemen mutu untuk memastikan pemahaman yang seragam di seluruh bagian organisasi.
ISO 20000 adalah standar untuk sistem manajemen layanan TI yang membantu organisasi meningkatkan kualitas layanan TI dan kepuasan pelanggan. Implementasi sering menghadapi kendala dalam integrasi dengan framework ITIL dan otomatisasi proses TI. Dibandingkan dengan ITIL (Information Technology Infrastructure Library), ISO 20000 lebih berorientasi pada sertifikasi sistem manajemen layanan.
ISO 37001 mengharuskan organisasi untuk mengidentifikasi risiko penyuapan dalam aktivitas bisnisnya, termasuk transaksi keuangan, hubungan dengan pihak ketiga, dan kebijakan hadiah atau hiburan. Manajemen risiko ini dapat dilakukan dengan pemetaan risiko berbasis probabilitas dan dampak, serta penerapan kontrol seperti uji kelayakan (due diligence), pelaporan pelanggaran, dan audit independen.
Getting started
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp