How can we help?

Bagaimana ISO 9001 membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan?

Image Description
Novitasari
  • 21 June 2025, 15:10
  • Updated
ISO 9001 berfokus pada pendekatan berbasis pelanggan, memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan dipenuhi melalui proses yang terstruktur. Dengan sistem manajemen mutu yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi keluhan pelanggan, serta mempercepat waktu respon terhadap permasalahan.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

ISO 22000 dapat diterapkan oleh semua organisasi dalam rantai pasokan makanan, termasuk produsen bahan baku, pabrik pengolahan makanan, perusahaan distribusi, dan penyedia layanan makanan.
ISO 22000 adalah standar internasional untuk keamanan pangan yang mengadopsi prinsip HACCP, sedangkan regulasi FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat lebih spesifik dalam menetapkan aturan terkait produksi dan distribusi pangan. Perusahaan yang ingin mengekspor produk ke AS sering harus menyesuaikan sistem manajemen keamanan pangan mereka agar memenuhi kedua standar tersebut.
ISO 14001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen lingkungan yang membantu organisasi mengelola dampak lingkungan dari aktivitas mereka.
Salah satu tantangan terbesar dalam implementasi ISO 45001 adalah resistensi karyawan terhadap perubahan prosedur keselamatan kerja. Hal ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman, ketakutan akan peningkatan beban kerja, atau persepsi bahwa aturan baru akan membatasi kebebasan kerja. Untuk mengatasi hal ini, manajemen harus melakukan sosialisasi yang efektif, memberikan pelatihan yang komprehensif, serta melibatkan karyawan dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan terkait keselamatan kerja.
Faktor utama dalam pengembangan sistem manajemen mutu ISO 9001 meliputi komitmen manajemen, keterlibatan karyawan, pemantauan kinerja berbasis data, serta evaluasi berkelanjutan terhadap proses bisnis. Organisasi harus menetapkan kebijakan mutu yang selaras dengan visi strategis untuk memastikan sistem berjalan efektif.
Getting started
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp