How can we help?

Bagaimana ISO 9001 membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan?

Image Description
Novitasari
  • 07 October 2025, 00:14
  • Updated
ISO 9001 berfokus pada pendekatan berbasis pelanggan, memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan dipenuhi melalui proses yang terstruktur. Dengan sistem manajemen mutu yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi keluhan pelanggan, serta mempercepat waktu respon terhadap permasalahan.
Was this article helpful?

93 out of 132 found this helpful

ISO 45001 menggantikan OHSAS 18001 sebagai standar manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Perbedaan utama adalah bahwa ISO 45001 memiliki pendekatan berbasis risiko dan berfokus pada integrasi dengan sistem manajemen lainnya, sementara OHSAS 18001 lebih berorientasi pada kepatuhan terhadap peraturan dan tidak memiliki struktur berbasis High-Level Structure (HLS).
ISO 37001 berbeda dari kebijakan anti-korupsi konvensional karena berbasis standar internasional yang dapat diaudit, memiliki pendekatan berbasis risiko dalam identifikasi dan mitigasi suap, serta memerlukan dokumentasi yang lebih ketat dalam implementasi. Organisasi yang menerapkan ISO 37001 memiliki bukti kuat dalam menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan anti-korupsi global.
ISO 17025 menetapkan persyaratan kompetensi teknis laboratorium pengujian dan kalibrasi. Tantangan utama dalam sertifikasinya termasuk validasi metode uji, pengendalian ketidakpastian pengukuran, dan dokumentasi yang sangat rinci. Dibandingkan dengan Good Laboratory Practice (GLP), ISO 17025 lebih spesifik dalam aspek teknis dan manajemen mutu laboratorium.
ISO 27001 adalah standar manajemen keamanan informasi yang berfokus pada penerapan kebijakan dan kontrol untuk melindungi data, sementara NIST Cybersecurity Framework lebih bersifat panduan dan berorientasi pada mitigasi risiko siber dengan pendekatan lima fungsi: Identify, Protect, Detect, Respond, dan Recover.
ISO 14001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen lingkungan yang membantu organisasi mengelola dampak lingkungan dari aktivitas mereka.
Surat Ijin Alat & Operator

Pastikan alat dan operator di perusahaan Anda berizin resmi!

Bantu perusahaan Anda memenuhi standar K3 dengan pengurusan Surat Ijin Alat (SIA) dan Surat Ijin Operator (SIO) secara profesional. Serahkan pada tim ahli kami—cepat, legal, dan tanpa ribet.

Dapatkan pendampingan profesional dalam pengurusan SKK dan SBU Konstruksi. Proses cepat, transparan, dan sesuai peraturan yang berlaku.